USB Flash Disk

Pendahuluan Topik

NOR flash adalah flash dasar yang membutuhkan waktu yang cukup lama dalam menghapus dan menulis, tetapi menyediakan alamat penuh dan jalur data, memberikan akses secara acak terhadap semua lokasi memori. Tetapi sangat bagus untuk menggantikan ROM model lama, dimana memungkinkan untuk mengupdate kode program yang tersimpan. Contoh adalah BIOS

NAND flash di announced oleh Toshiba pada tahun 1989, dimana bisa melakukan proses penghapusan dan penulisan yang lebih cepat, membutuhkan tempat yang kecil untuk chip per selnya. Dengan bertambahnya kapasitas tetapi biaya bisa ditekan menyebabkan flash tipe ini cocok digunakan untuk secondary-storage.

a. pengertian

Flash Disk adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulis.

b. Sejarah

Belum dapat dipastikan siapa yang mengembangkannya pertama kali karena ada tiga perusahaan yang memperselisihkan yaitu M-Systems, Netac, dan Trek 2000.

Flash drive mulai dipasarkan pada tahun 2001 di Amerika oleh IBM. Ukuran data yang dapat disimpan pada waktu itu adalah 8 MB, data terakhir November 2006 sudah mencapai 64 GB.

Penemuan Flash Memory (NOR dan NAND) oleh Dr Fujio Masuoka tahun 1984 ketika sedang bekerja pada Toshiba sedangkan nama flash sendiri diberikan oleh koleganya yaitu Mr. Shoji Ariizumi
Type flash chip type NOR yang diperdagangkan dikenalkan oleh intel pada tahun 1988.

Jadi sebenernya penemu flashdisk sendiri sampe sekarang belum jelas (masih sengketa hak cipta), tapi yang sudah pasti untuk perintisnya adalah Dr Fujio Masuoka tahun 1984 Beliau menemukan flash memory (rintisan dari flash disk).

c. Komponen Flash Disk


Untitled

Komponen Flash Disk, antara lain :
1. Sambungan USB
2. Perangkat pengontrol peyimpanan massal USB
3. Titik-titik percobaan
4. Chip flash memory
5. Oscillaator crystal
6. LED
7. Write protect switch
8. Ruangan kosong untuk chip flash memory kedua

d. Keunggulan FD

USB flash disk memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, seperti pada disket. Flash disk lebih cepat, kecil, ringan dan kapasitasnya pun lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.

e. Jenis atau Macam-Macam FD

Jenis flash disk sekarang sudah sangat beraneka ragam. Ada flash disk yang memakai rotary design sehingga kita tidak perlu khawatir kehilangan penutupnya. Tersedia juga flash drive yang dilapisi karet supaya tahan air atau dilengkapi dengan clip carabineer sehingga mudah digantungkan. Bahkan telah dibuat flash drive berbentuk model kartu kredit. Namanya wallet-friendly USB. Ukurannya hanya 86 x 54 x 1,9 mm. Jadi, dapat disimpan dengan aman di dalam dompet

f. Perkembangan Flash Disk

Sekarang sudah ada flash disk berukuran 256 GB. Flash disk tersebut bernama Data Traveler 300 dikeluarkan oleh Kingston. Kapasitasnya  dapat dimasukkan lebih 50 ribu gambar beresolusi tinggi, atau hampir 400 CD, atau dokumen teks yang ditumpuk sebesar tower setinggi satu kilometer. Kecepatan menyimpannya 20 MB per detik, dan membaca 10 MB per detik.

g. Cara Merawat Flash Disk

1. Jauhkan Dari Medan Magnet Kuat
2. Jangan Terkena Air
3. Virus Scan
4. Proses Eject atau Stop
5. Jauhkan Dari Tempat Panas
6. Hindari Benturan Keras
7. Tutuplah selalu
8. Minimalisir proses hapus-tulis

h. tambahan

*Windows XP

Software Eboostr ini dapat mempercepat kinerja PC dengan bantuan Flashdisk. Cara kerjanya ruang kapasitas flashdisk dialokasikan untuk meningkatkan cache memori system sehingga kinerja PC jadi lebih cepat, semakin besar kapasitas flashdisk semakin bagus, mungkin ini bisa dijadikan alternatif untuk menambah memori karena harga flashdisk lebih murah dari RAM. Gunakan hingga empat perangkat flashdisk untuk mempercepat kinerja PC. Software ini dapat menambah kecepatan ke PC tanpa harus upgrade hardware.

Eboostr merupakan pengembangan dari ReadyBoost dan SuperFetch yang ada di windows vista. Software ini dibuat untuk bisa meningkatkan kapasitas memory RAM pada windows XP. Software ini dilengkapi dengan fitur smart caching agar aplikasi dan file dapat bekerja lebih maksimal. Eboostr support dengan perangkat USB dan Non Removable Media Device seperti (CF, SD/SDHC, MMC, xD memory card yang lainnya) serta dapat menggunakan memory harddisk yang kosong untuk dialokasikan sebagai cache.

Namun Perangkat USB hanya bisa berjalan cepat jika port USB pada komputer sudah versi 2.0, kalo belum speednya lambat dan kecepatan prosesnya juga berkurang. Untuk penambahan perangkat USB bisa ditambah hingga 4 perangkat yang bisa dipakai untuk ruang cache sekaligus. Ukuran cache pada setiap perangkat bisa mencapai maksimal 4 GB, kalo memakai NTFS ukurannya tidak terbatas.

*Windows vista

WindowsReadyBoost
(Additional Memory Cache) Ready Boost adalah nama yang digunakan Microsoft untuk penggunaan USB thumb/flash drive untuk menyediakan akses memory yang lebih cepat pada sistem operasi dan dapat digunakan sebagai RAM tambahan. Ready Boost dapat meningkatkan performa sistem secara signifikan.

Untuk menggunakan fitur ini:
Tancapkan sebuah [USB Flash Drive]
Klik [Start] kemudian [Computer]
Klik kanan pada drive [USB Drive] pada [My Computer]
Pilih tab [Ready Boost]
Pilih [use this device]
Pilih ukuran ruang USB yang ingin digunakan untuk [RAM usage vs. Storage]