index-and-tables-dialog-boxSebenarnya saya ingin menulis hal ini semenjak dulu, namun saya tahan biar nanti ga’ kehabisan ide😀. Saya tuliskan pengalaman dan kemampuan saya dalam mengoperasikan MS Word, tulisan saya sebelumnya yaitu membuat halaman yang berbeda juga tentang MS Word. Saya tetap berusaha agar tulisan ini dapat dimengerti oleh anda selaku pengunjung blog ini. Silakan anda memberi komentar jika memiliki ide dan gagasan di area komentar.

Pengalaman yang tidak terlupakan ketika membuat tugas akhir saat masih kuliah. Dimana setiap kata maupun kalimat yang telah ditulis selalu berubah.  Biasalah  yang namanya dosen pembimbing kalimat pun harus jelas dan dimengerti. Sehingga yang terjadi adalah seluruh halaman berubah dan bergeser meskipun hanya menambah atau menghapus satu kata saja. Kemudian daftar isi harus di ubah lagi, mengubah halaman dari setiap sub judul satu per satu. Saat itu dokumen yang telah dibuat kurang lebih 100 halaman, bayangkan satu per satu😀, cape nya minta ampun sampe begadang pula. (Demi menggapai cita-cita, muantap ya :D).  Menggunakan openoffice juga bisa, tapi langkahnya berbeda. Udah ya ga usah banyak cerita, langsuh aja saya jelaskan bagaimana prosesnya.

Membiasakan Agar Membuat Kerangka Dokumen

Membuat kerangka dokumen sangat penting, dimana sebagian besar pengguna tidak menyadari hal ini. Dengan membuat kerangka terlebih dahulu, artinya anda membuat perencanaan sehingga suatu saat tidak akan menyimpang.

Bagaimana membuat kerangka ini? Pada MS Word pilih menu “View –> Outline”, setelah layout nya berubah anda mungkin bingung. Namun perlu diperhatikan bahwa anda harus menulis dari judul, sub judul, sub sub judul, dan sebagainya terlebih dahulu, ini direpresentasikan dengan level 1, level 2 dan level 3. Untuk mengubah level tinggal menekan ikon panah kiri dan kanan (jangan panah yang dobel).

Membuat Isi Dari Setiap Judul atau Sub Judul

Tahapan selanjutnya yaitu membuat isi dari setiap judul atau sub judul. Bisa membuatnya dalam bentuk layout Outline atau pun Normal. Isi dari setiap judul atau sub judul ini bisa disebut dengan Body Text. Saya yakin bahwa pada tahapan ini anda sudah terbiasa, jadi tidak perlu dijelaskan lagi (males banget ya…).

Membuat Daftar Isi Otomatis

Nah inilah tahapan yang ditunggu-tunggu, sebenarnya sangat sederhana dan mudah saja. Pilih menu “Insert –> Reference –> Index and Table”. Silakan anda pilih model yang daftar isi, dan tekan tombol OK. Daftar isi telah dibuat otomatis, meskipun anda mengubah-ubah dokumen, daftar isi ini akan berubah secara otomatis (tapi harus di refresh ya).

Ternyata membuat daftar isi otomatis ini sangat mudah dan sederhana, tinggal anda sendiri yang harus membiasakan hal ini.