Mungkinkah kita memanfaatkan Facebook untuk berbisnis, jawabannyasangat mungkin. Facebook merupakan website social networking yang menekankan dalam membangun jejaring pertemanan didunia internet. Ada pameo umum bahwa Banyak teman, berarti banyak elasi/networking, banyak relasi berarti banyak kesempatan dalam berbisnis. Karena adanya fitur pencariannya yang canggih serta dukungan berbagaiaplikasi yang tersedia, melalui Facebook anda dengan mudah memperoleh teman, bahkan teman semasa sekolah yang telah lama tidak berjumpa, sampai dengan teman dari teman, teman sekerja, atau teman yang ada daftar emailnya pada akun email anda, semuanya disupport oleh Facebook.

Saat ini, anggota Facebook sudah lebih dari 250 juta orang yang aktif, dan jika anda mampu memiliki teman lebih dari 1000 orang, itu berarti prospek bisnis bagi anda. Point utama dari berbisnis melalui internet ini adalah, anda sudah mengetahui target pasar anda, karena mereka semua teman-teman anda. Ada tiga hal yang dapat dilakukan Facebook untuk bisnis anda :

  1. Sebagai media promosi yang sangat efektif. Banyak sekali fitur-fitur Facebook yang dapat anda manfaatkan untuk promosi dari bisnis yang anda jalani.
  2. Sebagai media memperoleh uang langsung, melalui aplikasi-aplikasi pihak ketiga yang dapat di pasang pada akun Facebook anda.
  3. Sebagai website dari produk bisnis anda, melalui fitur pembuatan halaman web yang disediakannya.

Berikut ini tips untuk anda yang akan memanfaatkan Facebook sebagai media bisnis :

  1. Miliki banyak teman terlebih dahulu. Gunakan berbagai fitur yang ada untuk meningkatkan jumlah teman. Teman-teman tersebut dapat anda kategorikan nantinya, sesuai dengan tujuan bisnis anda. Sekali lagi, modal utama anda berbisnis di Facebook adalah seberapa banyak teman yang anda miliki.
  2. Jika teman sudah mulai banyak, rombaklah tampilan akun Facebook anda agar terlihat berbeda dengan akun Facebook standart, sehingga terlihat lebih menarik.
  3. Manfaatkanlah semua fitur Facebook sebagai media promosi atas bisnis anda. Namun, tentu dalam porsi yang wajar, jangan penuhi akun Facebook anda dengan informasi promosi semuanya, kecuali jika anda ingin ditinggalkan oleh teman-teman anda. Karena itu, anda harus mampu menjaga kepercayaan orang-orang yang bersedia menjadi teman anda.
  4. Sebagai website social networking, anda jangan egois. Maksudnya adalah anda jangan hanya menerima komentar dan tanggapan dari teman-teman saja, tapi harus aktif juga untuk mengomentari dan mengunjungi halaman Facebook dari teman anda.
  5. Aktif dalam group-group diskusi yang ada hubungannya dengan bisnis anda, dan silahkan anda bangun sendiri group diskusi untuk bisnis anda.
  6. Berhati-hatilah dalam memposting status anda, catatan dan lain-lainnya, jangan sampai berbuat kesalahan, pikirkanlah matang-matang sebelum mempublishnya.