ada tahun 1971 IBM memperkenalkan ” memory disk ” pertama, yang kemudian terkenal dengan floppy disk atau disket. floppy pertama merupakan disk plastik yang di lapisi besi magnetik oksida; data di tulis dan di baca dari permukaan disk. Nama “floppy” di ambil karena sifatnya yang fleksibel. floppy disk menjadi perangkat revolusioner pada waktu itu, karena portabilitasnya yang menyediakan sebuah alat fisik baru dan mudah di gunakan untuk mengirimkan data dari komputer ke komputer.

floppy merupakan hasil penemuan seorang insinyur IBM yaitu alan shugart, disk pertama di rancang untuk memuat microcode ke dalam pengendali {controler} file disk merlin {IBM 3330} {perangkat penyimpanan 100 MB}. sehingga , sebenarnya floppy pertama di gunakan untuk mengisi tipe penyimpanan data di perangkat lain. kemudian di temukan lagi penggunaan tambahan floppy disk yaitu membuatnya menyimpan program baru dan media penyimpanan file.

bagaimana floppy bekerja? floppy merupakan benda magnetik yang mirip dengan sejenis tape perekam; satu atau dua sisi dari disk di gunakan untuk merekam. disk mengambil atau menangkap floppy pada bagian tengahnya dan mengelilingi/ memutarnya seperti dalam kegiatan merekam. pada bagian read/write head. sama seperti head pada tape deck, menyentuh permukaan melalui pembukaan penutup plastik. floppy buatan shugart memiliki kemampuan 100 kb data. tahun 1976,disk drive verukuran 5 1/4 dan disket di kembangkan oleh alan shugart di wang laboratories. wang menginginkan floppy disk dan disk drive yang lebih kecil untuk mengunakan komputer desktop mereka. tahun 1978 lebih dari 10 pabrik memproduksi flooppy drive ukuran 5 1/4, tahun 1981 sony memperkenalkan floppy drive dan disket berukuran 3 1/2. ini adalah floppy yang paling terkenal di kalangan penguuna komputer saat ini.

kemudian di ikuti oleh penemuan richard mateosian yang mengembangkan floppy disk operating system untuk floppy pertama kali. disk tersebut berukuran 8 inci dalam diameter dan kapasitas sebesar 200 k. karena ukuran tersebut terlalu besar mereka kemudian membaginya ke dalam empat partisi yang masing masing partisi merupakan perangkat hardware terpisah- hal ini dapat di analogikan seperti cassette drive .

sistem operasi yang di buatnya memiliki kumpulan perangkat logika { sumber input, output listing, output error, output biner. dan lain sebagainya}. dan mekanisme untuk membuat sebuah korespondensi antara alat alat tersebut dan perangkat hardware. program aplikasinya merupakan hasil rakitan HP, compiler dan seterusnya, kebanyakan di modifikasi untuk menggunakan perangkat logikanya untuk fungsi fungsi I/O.

secara mendasar sebenarnya sistem operasi bersandar pada sistem command monitor. command memilki tugas utama untuk melakukan manipulasi file. ada beberapa command yang bersifat kondisional { seperti IF DISK} salam menggunakan file file batch. keseluruhan sistem operasi dan seluruh program program aplikasi di rakit menggunakan bahasa rakitan dalam mesin HP 2100.